Google search Blog

Home » » Sejarah Pembuatan Mozilla Firefox buat anak TKJ

Sejarah Pembuatan Mozilla Firefox buat anak TKJ

Written By Unknown on Jumat, 21 Desember 2012 | 22.39

Teman-teman yang sedang membaca Post ini, saya berharap semoga ini bisa membantu kalian..
khususnya buat anak-anak IT yang sedang mencari sejarah dari Mozilla Firefox..
Ok langsung aja, ini dia Sejarahnya..

Sejarah Pembuatan Browser Mozilla Firefox ---Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang paling banyak di unduh dan digunakan oleh penggunanya untuk berselancar di dunia internet.






SEJARAH BROWSER MOZILLA FIREFOX
Pada tanggal 21 Maret 1998, coder dari Netscape memulai sebuah proyek open source yang mereka namakan Mozilla. Nama ini adalah nama kode pertama untuk browser Netscape Navigator yang telah populer di tahun 1990-an. Pada tanggal 23 September 2002, pengembangnya merilis browser dengan nama Phoenix 0,1 yang menjadi cikal bakal Firefox.

Pada tanggal 15 Juli 2003, Mozilla Foundation dilahirkan. organisasi ini adalah organisasi non-profit yang mempunyai pedoman untuk melayani pengguna internet bukan didasari oleh komoditasnya namun kepada layanannya.

Mozilla meluncurkan add-ons Gallery pertamanya pada tanggal 15 Juni 2004. Di dalam Gallery ini, penggunanya akan mendapati beragam ekstension, theme dan plugin yang berfungsi untuk membantu serta memperindah browser mereka.

Setelah berganti nama menjadi Firefox, pada tanggal 09 November 2004, Mozilla merilis Firefox 1,0 untuk pertama kali. Sejak dirilis versi pertamanya, sampai tanggal 21 Februari 2008, Mozilla Firefox telah diunduh sebanyak 500 juta kali dan pada tanggal 17 Juni di tahun yang sama, Guiness World Record menganugerahi Mozilla Firefox 3,0 sebagai Most Download of a Software Application in 24 Hours. Dalam satu hari saja, versi ke-3 ini diunduh sebanyak 8 juta kali.

Pada tanggal 08 Februari 2011, Firefox 4 dengan fitur Do Not Track dirilis. Di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 29 Maret 2011, Mozilla resmi meluncurkan browser untuk perangkat berbasis Android. Di bulan Juli 2012, sebanyak 3 juta kali, add-ons Firefox diunduh dari berbagai tempat di dunia. Sampai saat itu, Firefox mempunyai lebih dari 17 ribu pengembang add-ons.

Sampai saat ini lebih dari 450 juta pengguna internet menggunakan browser ciptaan Mozilla ini. Sekitar 40% kode adalah sumbangan dari luar Mozilla. Selain bahasa Inggris, Firefox dilengkapi dengan fitur bahasa. Sebanyak 75 bahasa dari seluruh dunia telah dibenamkan dalam browser ini.

Namun, hingga versi terakhir 15.0.1 Browser Mozilla Firefox ini, masih ditemui permasalahan "abadi" yang entah kapan bisa di perbaiki. Penggunaan memori yang besar pada Browser Mozilla Firefox sering menyebabkan kinerja browser ini melambat dan menggangu aktivitas penggunanya. Tidak jarang, pada sebagian komputer dengan memori terbatas akan menyebabkan crash berulang saat menggunakan Browser Mozilla Firefox.

Thank You...

Share this article :

Posting Komentar